Tips Jitu Membuat Karyawan Betah Bekerja

Spread the love

Pekerjaan perusahaan saat ini bukan lagi harus memikirkan produk atau program baru karena ada pekerjaan lain yang lebih penting lagi dan pekerjaan tersebut adalah membuat karyawan betah. Sebab kalau sampai karyawan itu tidak betah mana mungkin akan bisa maju perusahaannya karena yang perusahaan tidak punya karyawan yang berpengalaman. Karyawan perusahaan tersebut selalu saja baru karena yang sudah lama pasti keluar dan tugas perusahaan harus bisa membuat karyawan lama atau yang baru harus bertahan. Memang tidak bisa mudah melakukan hal tersebut karena ada banyak perusahaan yang memberikan penawaran yang lebih menarik makanya ada peluang karyawan ini akan keluar. Untuk bisa terus mempertahankan karyawan tersebut ada tips yang dapat dicoba dan untuk tipsnya tersebut ada di bawah ini.

Selalu Mengapresiasi Pekerjaan Semua Karyawan

Pertama adalah jangan hanya mengharapkan karyawannya bekerja dengan baik saja tetapi pemimpin perusahaan harus bisa memberikan apresiasi kepada karyawannya. Sebab kalau hanya menuntut saja agar selalu bekerja dengan baik tetapi tidak pernah menghargai karyawannya yang sudah bekerja keras pasti tidak lama karyawan tersebut akan keluar. Jadi mudah saja agar bisa membuat karyawannya bertahan tinggal hargai saja usaha karyawannya. Tidak perlu memberikan bonus uang tinggal berikan saja ucapan terima kasih atas usahanya selama ini pasti sudah membuat karyawan bahagia. Jadi setiap ada pencapaian yang diraih oleh karyawan tersebut harus segara diberikan penghargaan agar selalu bersemangat bekerjanya.

  • Memenuhi Semua Hak Karyawan

Kedua adalah selalu penuhi hak karyawan, karyawan pasti tidak akan mau bekerja kalau hak yang harusnya dipenuhi tidak dipenuhi oleh perusahaan. Untuk hak yang harusnya dipenuhi perusahaan adalah gaji, intensif dan juga uang lemburan kalau semua hak tersebut sudah dipenuhi jangan takut lagi karyawan keluar karena akan rajin bekerjanya. Tetapi masih jarang sekali ada perusahaan yang seperti itu sebab masih banyak perusahaan yang jarang memberikan insentif atau uang lembur. Padahal di surat kontrak yang ditandatangani jelas tertulis kalau mencapai target pasti mendapatkan insentif dan juga kalau bekerja lembur dapat uang lembur. Karena merasa sudah melenceng dari kontrak membuat karyawan akan langsung hengkang dari perusahaan.

  • Tawarkan Posisi Yang Lebih Tinggi

Ketiga adalah berikan tawaran jenjang posisi yang lebih baik, semua orang yang bekerja di perusahaan pasti akan bersemangat kerjanya jika bisa naik pangkat atau posisi. Sebab bertahan di posisi yang sama dari awal masuk di perusahaan tersebut dan tidak ada jaminan akan naik posisinya pasti akan mencari perusahaan lain yang menjanjikan masa depan lebih bagus. Sebenarnya wajar sekali kalau karyawan melakukan hal tersebut karena kalau tetap di posisi yang sama pasti pendapatan juga akan sama terus padahal sekarang biaya hidup sudah makin bertambah. Makanya karyawan berharap agar memperoleh posisi lain yang pendapatannya lebih tinggi supaya mudah membeli kebutuhan hidup. Jadi perusahaan harus benar-benar memberikan penawaran posisi yang jauh lebih tinggi lagi.

  • Berikan Fasilitas Yang Lengkap

Keempat adalah sediakan fasilitas lengkap, kadang perusahaan sama sekali tidak memperhatikan kenyamanan karyawannya buktinya saja perusahaan tidak melengkapi semua fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan tersebut. Kalau memang itu sampai terjadi pasti karyawan mana mungkin akan betah bekerjanya sebab untuk bisa bekerja itu dibutuhkan fasilitas yang mendukung agar pekerjaan bisa cepat selesai. Padahal perusahaan itu mengharuskan pekerjaan selesai sesuai deadline jelas karyawan yang akan pusing sebab mau cepat selesai bagaimana kalau fasilitasnya saja tidak ada. Itulah yang menjadi alasan karyawan keluar karena dipaksa untuk bekerja dengan baik tetapi tidak ada dukungan dari perusahaan berupa fasilitas tersebut.

  • Dampak Buruk Perusahaan Yang Tidak Memperhatikan Karyawannya

Perusahaan masih banyak yang kurang memperhatikan karyawannya padahal tanpa ada karyawan pasti perusahaan tidak mungkin bisa berjalan. Karyawan yang tidak diberikan perhatian penuh pasti akan merasa tidak dihargai dan inilah yang mendorong karyawan lebih memilih untuk resign dari pada melanjutkan bekerja. Sebenarnya karyawan itu tidak meminta perhatian secara langsung kepada pimpinan perusahaan. Asalkan sudah diberikan kelonggaran saat bekerja dan juga sudah mendapatkan apa yang menjadi haknya pasti karyawan akan selalu merasa senang dan betah bekerjanya.

Cara Yang Benar Mengatur Kinerja Karyawan Supaya Maksimal

Kalau untuk menjalankan perusahaan pastinya harus bisa mengatur karyawannya dulu harus bisa bekerja dengan baik, kalau karyawan sudah bekerja dengan baik pasti mudah untuk maju perusahaan tersebut. Agar karyawan bisa bekerja dengan maksimal caranya adalah dengan mengatur jam kerja karyawan, jadi harus ada jadwal yang jelas supaya karyawan itu disiplin. Kalau bisa berikan sanksi kalau memang karyawan itu sampai melanggar jam kerja yang sudah ditentukan, karena kalau dibiarkan begitu saja pasti akan semena-mena bekerjanya.