Cara Mudah Mengatasi Masalah Tingginya Potensi Turnover Karyawan

Spread the love

Perusahaan mempunyai aset yang berharga sekali dan aset perusahaan ini adalah karyawan yang loyal dan kompeten, kalau sampai karyawan ini tidak bagus pasti perusahaan tersebut akan bangkrut. Sebab yang akan menjalankan perusahaan tersebut bukanlah pimpinan perusahaan tetapi para karyawan yang akan menjalankan perusahaan tersebut. Jadi kalau pemimpin hebat tetapi karyawan tidak kompeten akan percuma saja dan begitu juga sebaliknya.

Gunakan Cara Berikut Untuk Mengatasi Masalah Turnover Karyawan

Tetapi yang menjadi permasalahan bukan itu saja karena yang sekarang menjadi perbincangan adalah keluar masuknya karyawan di perusahaan yang masih terbilang tinggi. Masalah tersebut jadi pekerjaan bagi para pemilik perusahaan karena ini sangat mengganggu sekali, untuk mudah mengatasi masalah tersebut ada di bawah ini.

  • Rekrut Calon Karyawan Yang Terbaik

Terkadang karyawan keluar bukan karena karyawan tersebut saja tetapi karena pihak HRD perusahaan tersebut yang kurang pandai memilih calon karyawan. Jadi waktu pemilihan calon karyawan ini pihak HRD hanya asal pilih saja dan tidak memilih karyawan dengan proses yang benar. Biasanya hal tersebut terjadi karena pihak HRD sudah bingung mencari karyawan sebab tidak ada pelamar, jadi kalau ada yang melamar langsung diterima. Jadi harusnya waktu pemilihan tersebut benar-benar dicocokkan kemampuan calon karyawannya sesuai dengan posisi jabatan yang kosong.

  • Berikan Kesempatan Untuk Tumbuh

Keluarnya karyawan ini juga dikarenakan tidak ada kesempatan berkembang, jadi kalau sudah jadi karyawan tidak ada kesempatan untuk menjadi pimpinan. Jadi dari pertama jadi karyawan sampai pensiun tidak pernah berubah posisinya makanya banyak yang merasa bosan bekerja lagi. Jadi untuk bisa mempertahankan karyawan ini harus bisa memberikan posisi yang lebih baik agar karyawannya bisa bekerja lebih giat lagi.

  • Manager Harus Pandai Memimpin Bawahan

Tekanan dari pimpinan atau manager juga sering menyebabkan seringnya keluar masuknya karyawan, kebanyakan karyawan baru pasti tidak punya kemampuan yang langsung cocok dengan pekerjaannya. Para karyawan ini pasti akan sering melakukan kesalahan dan juga dalam melakukan pekerjaan juga lambat sekali. Harusnya manager harus bisa membimbing karyawan tersebut agar bisa bekerja lebih baik lagi bukan malah menekan karyawan tersebut. Jadi karyawan baru tetap merasa betah dan terus berkembang jadi lebih baik lagi.

  • Cari Karyawan Yang Domisili Dekat Kantor

Kalau ingin masih punya karyawan makanya carilah karyawan yang rumahnya dekat dengan kantor, kalau sampai domisilinya jauh pasti akan sulit sekali untuk merasa nyaman bekerjanya. Sebab untuk hidup di luar kota itu butuh biaya banyak, padahal gaji kadang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup. Jadi solusinya janganlah cari karyawan dari luar kota meskipun yang kemampuannya bekerjanya sudah hebat.

Dampak Buruk Tingginya Turnover Karyawan

Sekarang yang membuat perusahaan bangkrut bukannya produk dari perusahaan tersebut yang tidak laku tetapi karena kurangnya SDM perusahaan tersebut. Kurangnya SDM dikarenakan oleh karyawan tetap atau karyawan baru yang tidak betah dan memilih keluar dari posisi yang sedang ditempati. Dampak dari hal tersebut adalah perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih untuk merekrut karyawan baru.

Ciri-Ciri Calon Karyawan Terbaik

Kadang sulit sekali mencari calon karyawan yang bagus sebab saat ini masih banyak calon karyawan yang lulusan perguruan tinggi bagus tetapi sama sekali tidak ada kemampuan. Untuk calon karyawan yang jelas terbaik cirinya adalah waktu diwawancara itu tidak pernah memalingkan pandangannya dari penguji. Jadi selama proses wawancara selalu fokus mendengar dan menjawab semua pertanyaan dari penguji.