Cara Menyusun Strategi Retensi Karyawan Terbaik

Spread the love

Mungkin masih banyak yang kurang paham retensi karyawan ini gunanya untuk apa, untuk manfaat dari retensi karyawan sendiri adalah untuk membuat karyawan tetap bertahan dan tidak keluar dari pekerjaannya. Retensi karyawan ini perlu sekali dilakukan agar dapat meminimalisir tingkat turnover karyawan, kalau sudah rendah tingkat turnover ini pasti perusahaan akan maju karena karyawannya tidak pernah berganti. Untuk dapat menyusun strategi yang bagus maka harus mengetahui dulu apa saja penyebab turnover karyawan tersebut, jika sudah tahu penyebabnya akan mudah membuat strategi yang tepat agar penyebab ini tidak ada lagi. Jadi jangan asal buat strategi tetapi kenali dulu penyebabnya dan juga jangan hanya memihak satu pihak saja tetapi perhatikan juga posisi karyawan kantornya.

Tips Jitu Penerapan Strategi Retensi Karyawan

Kalau sebuah perusahaan sudah mendapatkan atau sudah bisa membuat strategi yang jitu mengatasi permasalahan turnover karyawan maka tugas selanjutnya adalah memikirkan bagaimana mempraktikkan strateginya. Sebab kalau strateginya bagus tetapi kalau penerapannya tidak benar maka percuma saja usaha membuat strategi tersebut sebab setelah diterapkan tidak ada perubahannya. Agar strategi yang sudah dibuat ini bisa bagus dampaknya maka ikuti beberapa tips berikut ini saja.

  • Memberikan Dukungan Penuh

Berikan dukungan penuh pada semua karyawan perusahaan, jadi jangan hanya memerhatikan gaji dari karyawan saja yang diperbesar tetapi harus memberikan dukungan juga. Sebab kalau hanya diberikan uang yang banyak tetapi masih saja tekanan dari pimpinan masih tinggi pasti karyawan akan lebih memilih keluar dari pada tetap bekerja. Sebab uang banyak tidak akan bisa membuat pikiran stres bisa hilang karena rasa nyamanlah yang paling utama makanya harus benar-benar mendukung karyawannya agar bisa terus merasa nyaman waktu sedang bekerja.

  • Berikan Kesempatan Mendapatkan Posisi Lebih Tinggi

Jangan biarkan karyawan berada di posisi yang sama terus tetapi janjikan juga posisi yang lebih bagus. Karena posisi yang tinggi pasti menjadi dorongan untuk bisa bekerja lebih baik lagi. Memang kalau hanya bertahan jadi posisi seperti itu saja pasti akan bosan, kebosanan ini bukan hanya karena karyawan hanya melakukan pekerjaan yang sama terus tetapi karena pendapatannya tidak pernah bertambah. Padahal untuk kebutuhan hidup selalu bertambah jadi karyawan harus bisa mendapatkan posisi yang berbeda dari posisi yang terdahulu.

  • Memberikan Pujian Atau Penghargaan

Selain menjanjikan pekerjaan yang bagus juga harus bisa memberikan penghargaan atau memberikan pujian pada karyawan tersebut. Memang kalau hanya diberikan posisi saja tetapi tidak pernah diberikan pujian pasti karyawan tersebut akan merasa tidak dihargai makanya tidak mau lagi bekerja. Jadi biarpun gaji besar tetapi tidak diperlakukan dengan baik pasti tidak akan bisa mempertahankan karyawan tersebut.

  • Memberikan Tugas Baru Pada Karyawan

Berikanlah tugas atau pekerjaan baru pada karyawan, karena sering merasa jenuh karena melakukan pekerjaan yang sama terus itulah yang menyebabkan karyawan tidak merasa nyaman. Jadi pihak perusahaan harus bisa memberikan pekerjaan atau tugas baru agar karyawan merasa tertantang untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Cara Mudah Mendapatkan Karyawan Terbaik

Perusahaan pasti berharap agar mendapatkan karyawan yang terbaik sebab kalau karyawannya bagus pasti akan maju perusahaan tersebut. Untuk mendapatkan karyawan tersebut cara yang mudah adalah dengan merekrut lulusan baru, sebab kalau masih baru pasti mudah diarahkan dan mau belajar jadi lebih baik lagi. Tetapi kalau sudah pernah bekerja pasti akan susah diatur karena sudah merasa pintar dalam bidang pekerjaannya.