Bagaimana Cara Membuat SDM Perusahaan Makin Meningkat?

Spread the love

Sekarang ini perusahaan tidak hanya memikirkan produk baru atau strategi pemasaran yang bagus agar perusahaan mendapatkan laba. Tetapi saat ini ada hal lain yang lebih penting lagi yaitu memikirkan Bagaimana caranya untuk membuat SDM agar kemampuannya semakin meningkat. Juga harus bisa membuat semua SDM tersebut harus bisa bertahan bekerja di posisi yang sedang dijalani tersebut. Sebab kalau SDM masih tetap seperti itu saja kemampuannya pasti tidak akan ada yang mendukung perusahaan untuk maju sebab yang menjadi ujung tombak perusahaan adalah SDM atau karyawan tersebut. Agar pemain kemampuan semua karyawan bisa terus meningkat lebih bagus maka harus bisa membuat strategi yang tepat untuk program peningkatan SDM ini.

Strategi Terbaik Agar Cepat Meningkatkan Kinerja Sdm

Kasus yang sering sekali terjadi saat ini adalah perusahaan sering mengalami kerugian karena kurangnya SDM yang mendukung, jadi karena tidak ada SDM yang mumpuni membuat perusahaan tidak berjalan dengan baik. Hal inilah yang jadi penyebab utama perusahaan tutup karena tidak bisa beroperasi lagi. Jalan satu-satunya agar perusahaan ini tetap bisa bertahan maka perbaiki kinerja SDM-nya agar bisa tetap bekerja dengan baik lagi. Agar tujuan pembentukan SDM bagus ada strateginya dan berikut adalah penjelasannya.

  • Perekrutan SDM Harus Yang Benar

Pertama adalah perbaiki dulu sistem perekrutan SDM-nya sebab karyawan yang tidak pernah maju biasanya dikarenakan karyawan yang direkrut dulu bukan karyawan yang bagus. Biasanya pihak HRD hanya memaksakan saja karyawan tersebut agar bisa masuk, sebab posisi yang masih belum terisi harus cepat terisi. Jadi kalau ada pelamar pasti langsung diterima meskipun tidak cocok dengan kriteria yang diinginkan. Kalau seperti itu dijalankan pasti yang terjadi adalah manager akan sangat sulit membimbing karyawan tersebut agar melakukan pekerjaannya dengan baik. Jadi agar mudah mengatur karyawannya dan mudah meningkatkan kinerja maka saat pemilihan karyawan harus benar-benar dilakukan secara benar.

  • Melakukan Pelatihan Rutin

Kedua adalah rajin melakukan pelatihan, kalau sudah mendapatkan karyawan maka jangan dibiarkan begitu saja tetapi harus selalu dibimbing agar menjadi lebih hebat kemampuannya. Cara membuat hal tersebut terjadi adalah dengan selalu memberikan pelatihan, dari melakukan pelatihan ini dipastikan karyawan akan mendapatkan ilmu-ilmu baru dan juga pengalamannya akan bertambah banyak. Contoh pelatihan yang harusnya dilakukan adalah dengan mengadakan seminar mengenai bidang bisnis yang digeluti perusahaan tersebut.

  • Jangan Mengekang Karyawan

Ketiga adalah jangan memberikan kekangan pada karyawan tetapi berikan kebebasan pada karyawan untuk menyalurkan ide-ide baru. Memang kebanyakan perusahaan itu tidak pernah menghiraukan ide yang diberikan karyawannya karena dianggap tidak bagus dan tidak bisa memberikan kontribusi pada perusahaan. Tetapi itu adalah pemikiran yang salah sebab kalau sekarang hanya mengikuti kebijakan yang dibuat perusahaan tanpa adanya perubahan jelas akan menghambat pertumbuhan perusahaan tersebut. Jadi tidak ada salahnya menerima ide dari bawahan atau karyawan siapa tahu ide tersebut malah yang akan bisa membuat maju perusahaan tersebut.

  • Merubah Posisi Karyawan

Keempat adalah jangan hanya menempatkan karyawan di posisi yang sama tetapi harus rolling posisi karyawan tersebut. Memang ini bisa merubah susunan organisasi perusahaan tetapi ini perlu dilakukan agar karyawan bisa mengerti pekerjaan setiap karyawan yang lainnya. Dengan adanya sistem rolling ini bisa membuat karyawan dapat mempelajari ilmu yang dimiliki oleh karyawan lainnya. Jadi kalau karyawan tersebut harus dipindah tugas ke posisi yang berbeda tidak akan kaget lagi. Karena sebelumnya juga sudah pernah menempati posisi tersebut jadi kalau ditempatkan di posisi lain tidak akan kesulitan lagi.

Penyebab Utama Perusahaan Kesulitan Mendapatkan Karyawan Baru

Sebuah perusahaan pasti akan mengalami kendala kalau harus mencari karyawan baru sebab sekarang mencari karyawan yang kompeten itu sulit sekali. Penyebab utama sulitnya mencari karyawan itu dikarenakan perusahaan selalu mengutamakan pengalaman bekerja, padahal tidak semua pelamar itu sudah punya pengalaman. Harusnya perusahaan itu membuka peluang untuk lulusan baru, sebab kalau baru saja lulus biasanya pikirannya masih bisa menerima ilmu baru. Jadi lebih mudah mengajari karyawan baru yang baru saja lulus dari pada yang sudah lama bekerja.