Apa Pentingnya Nilai-Nilai Di Sebuah Perusahaan Mengelola SDM?

Spread the love

Nilai budaya sebuah perusahaan menjadi sebuah pondasi dasar untuk bisa melancarkan pengelolaan SDM sebuah perusahaan. Nilai-nilai tersebut memang penting sekali sebab bisa mengatur sikap semua karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Kalau sampai tidak ada karyawan akan berbuat sesuka hati dan tidak pernah sekalipun menjalankan pekerjaan yang menjadi kewajibannya. Jadi perusahaan memang tidak salah membuat nilai-nilai tersebut sebab ingin menjaga budaya dan juga norma di perusahaan agar terus terjaga. Salah satu nilai atau aturan di perusahaan adalah harus tepat waktu kalau masuk bekerja, jadi untuk absensinya tidak boleh telat dan perusahaan saat ini juga sudah memperbolehkan absensi online jadi tidak mungkin ada alasan lagi kalau telat.

Aturan Yang Tidak Disukai Oleh Karyawan

Semua perusahaan pasti akan membuat sebuah aturan untuk mengatur semua karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut, kalau sampai aturan ini tidak ada maka tidak lama lagi perusahaan bangkrut. Sebab semua karyawan yang bekerja akan bekerja secara asal-asalan dan tidak ada kedisiplinan saat bekerja makanya perusahaan tidak pernah mendapatkan keuntungan karena semua target yang dibuat tidak pernah tercapai. Jadi wajar sekali kalau sebuah perusahaan membuat beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh karyawannya. Meskipun untuk kebaikan perusahaan dan karyawan tetapi ada saja aturan yang karyawan tidak suka, untuk tahu aturan tersebut apa saja berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  • Potongan Gaji Kalau Tidak Berangkat

Aturan yang pertama adalah pemotongan gaji oleh perusahaan, pemotongan gaji sudah jadi hal yang umum dirasakan karyawan karena semua perusahaan pasti punya aturan seperti ini. Aturan ini dibuat agar perusahaan tidak mengalami kerugian yang besar, jadi diberlakukan aturan ini. Biasanya karyawan yang akan dipotong gajinya adalah karyawan yang izin tidak bekerja. Tetapi alasannya bukan karena diri sendiri tetapi karena ada alasan lainnya seperti anak sakit atau orang tua sedang sakit. Padahal itu bukanlah alasan yang mengada-ada karena memang terjadi tetapi tetap saja dipotong, padahal kalau ada karyawan yang tidak masuk karena batuk diizinkan dan tidak dipotong. Karena merasa tidak adil aturan seperti ini tidak disukai dan harusnya perusahaan itu benar-benar memperhatikan kondisi dari karyawannya kalau mau membuat aturan.

  • Perpindahan Divisi Tanpa Ada Persetujuan

Aturan yang kedua adalah pimpinan tidak pernah sekalipun meminta persetujuan karyawan kalau mau memindah divisi atau posisi karyawan tersebut. Jadi karyawan itu tidak diberitahu dulu kalau mau dipindah, tahu kalau sudah pindah hari berikutnya. Karyawan jelas tidak menyukai aturan tersebut karena karyawan juga tidak bisa langsung menyesuaikan diri dengan posisi baru yang diberikan. Harusnya pihak perusahaan itu bertanya dulu apakah sanggup atau tidak, kalau memang tidak sanggup baiknya diberikan pelatihan dulu sebelum ditempatkan di posisi barunya. Kalau perusahaan memaksakan dan tidak meminta dulu pasti karyawan akan memilih untuk keluar dari pada bekerja di posisi tersebut karena harus belajar lagi job desknya yang baru.

  • Tidak Boleh Mengajukan Komplain

Aturan yang ketiga adalah karyawan tidak diperbolehkan mengajukan komplain ke HRD mengenai kebijakan perusahaan. Kalau ini yang terjadi pasti antara pihak HRD dan karyawan itu tidak akur, sebab aslinya tidak ada aturan seperti ini karena pihak HRD sendiri adalah tempatnya pengaduan karyawan. Jadi kalau sampai dilarang itu tidaklah benar, sebab kalau untuk komplain saja tidak boleh mana mungkin akan betah bekerjanya. Biasanya yang jadi permasalahan yang ingin diadukan ke HRD adalah masalah keterlambatan absensi manual atau absensi online. Kalau terlambat biasanya langsung dipotong gaji padahal ada beberapa kasus terlambatnya karyawan bukan karena karyawan yang memang telat tetapi karena mesin absen yang error.

  • Larangan Pemakaian Hp Waktu Bekerja

Aturan yang keempat adalah pemakaian hp pada waktu bekerja itu dilarang keras, sebenarnya aturan ini ada manfaatnya karena kalau memakai hp terus waktu bekerja akan membuat pekerjaan tidak cepat selesai. Tetapi kembali lagi pada karyawannya kalau memang bisa berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat harusnya aturan ini tidak berlaku. Sebab kalau benar-benar tidak diperbolehkan pasti akan sangat menyulitkan karena karyawan juga butuh berkomunikasi dengan keluarganya. Kalau sampai ada keluarga yang sakit atau meninggal tapi waktu bekerja tidak memegang hp jelas karyawan tersebut tidak akan mengetahui berita tersebut.

Kebijakan Yang Paling Disukai Karyawan

Meskipun aturan di perusahaan kadang benar-benar mengekang tetapi itu tidak membuat karyawan langsung menyerah berhenti karena ada kebijakan perusahaan yang benar-benar menguntungkan karyawan. Salah satu kebijakannya adalah sekarang bekerja sudah bisa dilakukan di rumah saja, karena sekarang masih ada larangan bekerja di kantor karena adanya pandemi virus mematikan. Jadi kalau mau bekerja tinggal lakukan absensi online saja dan kirim hasil kerja secara online saja.